UNH Teknologi-Informasi
01 / 02

UNH

02 / 02

Teknologi-Informasi

Profil Lulusan

1. Konsultan dan Integrator Sistem (Consultant & System Integrator)

Peran lulusan yang mencakup supervisi, evaluasi dan konsultasi solusi teknologi informasi (TI), serta integrasi berbagai proses bisnis yang difasilitasi dengan SI/TI termasuk di level enterprise. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Konsultan SI/TI, Practice Manager, Enterprise Architect dan Spesialis ERP.

 

2. Arsitek Cloud Computing

Arsitek Cloud adalah disiplin yang relatif baru yang fokus kepada pengembangan perangkat lunak. Arsitek Cloud saat ini merencanakan dan mendesain lingkungan cloud, dan biasanya memberikan panduan selama masa pengembangan atau proyek penerapan. Arsitek ‘Cloud’ melakukan lebih dari sekadar sistem desain atau lingkungan TI. Selain bekerja di sisi teknologi --untuk memutuskan jenis sistem apa yang diperlukan dan lainnya-- kamu juga bekerja untuk sisi bisnis. Di antaranya yakni memahami fungsionalitas seperti apa yang dibutuhkan, dan apa keuntungan kompetitif yang mungkin diberikan.

 

3. Ahli Digital Forensik

Ahli digital forensik atau forensik komputer bertugas untuk mencari, mengidentifikasi, dan mengevaluasi informasi dari sistem komputer. Meningkatnya kejahatan siber membuat profesi ini sangat dibutuhkan dalam membantu penegak hukum untuk mengungkapkan kejahatan di ranah TI.

 

4. Pengembang Aplikasi Mobile

Saat ini hampir semua orang tidak bisa terlepas dari telepon pintarnya. Hal ini berdampak kepada banyaknya startup yang menyediakan jasa dan barang lewat aplikasi mobile. Secara tidak langsung banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknologi Informasi untuk mengembangkan aplikasi mobile tersebut. Menggunakan bahasa coding dasar, pengembang aplikasi mobile akan merancang program untuk perangkat iOS atau Android.

 

5. Pengembang Situs Web

Profesi ini bisa jadi pekerjaan paling bergengsi di rumpun TI. Sebab seorang pengembang situs web bekerja untuk merancang laman, aplikasi, dan konten web. Dengan tugas-tugas tersebut, seorang pengembang situs web harus memiliki pemahaman yang sangat baik tentang perancangan sistem operasi, apa yang merangsang visual peselancar web, dan bagaimana mengoptimalkan situs web. Mereka juga perlu memiliki kecakapan dalam bahasa web seperti HTML dan Javascript.

 

6. Pengembang Sistem Informasi (IS Developer)

Peran lulusan yang mencakup perancang, pembuat, penguji, pengevaluasi, pembuat aturan bisnis, hingga menyiapkan sumber-daya pendukung sistem informasi (SI) agar tujuan/ permasalahan bisnis organisasi dapat tercapai/diselesaikan dengan efisien dan efektif melalui bantuan SI. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Manajer Proyek SI/TI, Analis Sistem (System Analyst), Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), Perancang Sistem (System Designer), Programmer, dan Arsitek Aplikasi (Application Architect). Sebagai seorang konsultan TI, tugasnya ialah mengevaluasi sistem yang ada dan membantu perusahaan memilih cara tercepat dan termurah untuk mengoperasikan sistem tersebut.

 

7. Ahli Sistem Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Kecerdasan buatan (AI) merupakan salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam Teknologi Informasi. Seorang ahli sistem AI bertugas untuk meniru tanggapan kognitif manusia dalam berinteraksi. Selain itu juga memprogram sistem agar dapat menyelesaikan masalah berdasarkan isyarat, lingkungan dan perilaku pengguna.

 

8. Kewirausahaan (Enterpreneurship)

Laju pertumbuhan ekonomi ini tidak sebanding dengan laju pertumbuhan penduduk, sehingga laju pertumbuhan lapangan kerja tidak mampu mengimbangi laju pertumbuhan pencari kerja. Salah satu solusinya adalah dengan menyebarkan semangat kewirausahaan (Enterpreneurship) dan meningkatkan jumlah wirausaha di kalangan masyarakat. Peningkatan jumlah wirausaha diharapkan akan meningkatkan jumlah lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran.

© 2020 Program Studi Teknologi Informasi. All Rights Reserved.

Please publish modules in offcanvas position.